Rabu, 16 Maret 2011

TUGAS BAHASA INDONESIA

Pengertian Tabel
Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yg tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak .

Cara Membaca Tabel
Berikut ini adalah cara membaca tabel
Bacalah judulnya. Membaca judul merupakan kegiatan penting untuk memahami isi pesannya. Resapilah isi judul tabel anda hadapi, karena judul memberikan ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampaikan.
Bacalah keterangan yang ada di atas, di bawah atau di sisinya. Keterangan itu merupakan kunci penjelasan tentang data yang disampaikan. Keterangan itu, misalnya dalam bentuk urutan tahun, persentase, atau angka-angka. 
Ajukan pertanyaan tentang tujuan tabel dan grafik itu. Caranya mudah. Kalian cukup mengubah judulnya menjadi pertanyaan, misalnya di mana, seberapa banyak, berapa perkembangannya, dan seterusnya. Jawaban pertanyaan tersebut diharapkan ada dalam tabel dan grafik yang Anda hadapi.
Bacalah tabel dan grafik dengan selalu mengingat tujuan Anda, informasi apa yang Anda perlukan.

Contoh Tabel
Daftar pelajaran yang disukai siswa
 SMP Jaya Abadi
no
Daftar Pelajaran

Jumlah siswa

1
Bahasa Indonesia

55

2
Matematika

48

3
IPS

47

Jumlah Siswa

150


SMP Jaya Abadi menmpunyai siswa sebanyak 150 siswa, masing-masing siswa menyukai beberapa pelajaran,pelajaran yang paling banyak disukai adalah bahasa Indonesia ada 55 siswa yang menyukai pelajaran bahasa Indonesia ,dan pelajaran yang paling sedikit disukai adalah IPS ada 47 siswa yang menyukai IPS.


Pengertian Grafik
Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar .

Macam-macam grafik dan pengertiannya

Grafik Garis
Grafik garis mengambarkan kecenderungan-kecenderungan hubungan dan rangkaian data terutama untuk data yang berkelanjutan .

Grafik Batang
 digambarkan oleh batang-batang secara vertikal atau horosontal, panjagnya batang menunjukan presentasi data. 

 Grafik Lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Grafik Wilayah/gambar
Melukiskan keadaan dihubungkan dengan tempat kejadian itu berada .


Contoh Grafik dan pengertian
Olahraga yang digemari di 10.3
Setelah melakukan voting , dan mendapatkan hasilnya dari kelas 10.3 diketahui bahwa ada sekitar 30% yang senang bermain sepak bola , dan 15% yang menyukai dan memiliki hobi bermain basket, 20% anak kelas 10.3 menggemari permainan bola voli, 15% menggemari permainan bulu tangkis dan , sekitar 20% menyukai atau menggemari berbagai permainan atai olahraga jenis lainnya.

Perbedaan Tabel dan Grafik
Grafik adalah gambaran tentang hubungan antara dua sifat dari titik-titik data yang sama. Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki tiga atau lebih properti yang ditampilkan pada satu grafik untuk data yang sama. Contoh akan menjadi grafik suhu terhadap waktu dalam sehari. lain mungkin menunjukkan grafik temperatur pada satu sumbu, tanggal bulan pada sumbu lain, dan bisa memiliki curah hujan pada sumbu lain. grafik grafik Spider memungkinkan berbagai sifat pada satu grafik. Tiga grafik dimensi dengan x, y, dan sumbu z juga dapat melakukan ini.

Tabel hanyalah daftar terorganisir dari nilai-nilai data, disusun dalam kolom dan baris, di mana baris bisa untuk titik data yang unik, dan kolom adalah untuk sifat-sifat titik-titik data, atau sebaliknya. Grafik umumnya digunakan untuk menunjukkan secara visual hubungan data dalam tabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar